You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Tanjungwangi

Kec. Pacet, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TANJUNGWANGI KECAMATAN PACET KABUPATEN BANDUNG ( GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 TAHUN 2021

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS BPD


PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS  BPD

Peningkatan kapasitas BPD Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet, Sabtu (07/08/2021) bertempat di Aula Kantor Desa Tanjungwangi.

Kepala Desa Tanjungwangi, Deden Koswara, S.Pd menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas BPD untuk penguatan peran serta BPD dalam penyelenggaraan pemerintah Desa dan optimalisasi ketertiban BPD dalam menampung, menyalurkan aspirasi masyarakat Desa.

“Sehingga dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintah desa yang partisipatif,” tegasnya.

Sementara itu, DPM Pemdes Kabupaten Bandung, menegaskan BPD memiliki 3 fungsi secara umum, yaitu; “bersama kepala desa menyusun dan menyepakati rancangan Perdes, menerima dan menyampaikan aspirasi masyarakat dan Mitra terhadap kinerja Pemerintah Desa. Sedangkan untuk tugas, kewenangan, kewajiban BPD merupakan penjelasan dari penjabaran 3 fungsi BPD.

Selain itu, Pendamping Desa, Iban Yasa menyampaiakn BPD memiliki peran strategis bagi jalannya Pemerintahan Desa. Sehingga, dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan tingkat Desa,”

Ditambahkan, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pacet, Tedih Tolhah,S.Pd.MM menyampaikan bahwa BPD adalah mitra pemerintah Desa yang harus bisa bersinergi dengan Kepala Desa dan aparatur Desa. Dan dapat bersinergi dibutuhkan peningkatan kapasitas sebagai lembaga masyarakat yang ada di Desa.

Harapannya “dengan adanya kegiatan peningkatan BPD ini, kedepannya BPD bersama pemerintah Desa bisa bersinergi untuk mewujudkan pembangunan di Desa agar mencapai desa yang maju,mandiri dan berkeadilan sosial”.tegas Kasi Pemerintahan Kecamatan Pacet Pak Tedih Tolhah,S.Pd.MM

 

Bagikan artikel ini:
Komentar